Tentang Nama

Nama ini bukan merupakan hasil imitasi, melainkan tercipta dari hasil meditasi 2 malam 2 hari di tempat Play Station di samping rumah Anni (bukan nama sebenarnya). Nama ini identik dengan rambut  yang tumbuhnya ke atas bukan ke samping, yang dengan tahu dan mau melawan teori Isaac Newton sehingga beliau pun meninggal karena tak sanggup menerima kenyataan bahwa ada rambut yang tidak mengikuti gaya gravitasi bumi.

Rambut ini jugalah yang menjadi identitas. Pernah melihat iklan "sekarang sumber air su dekat, beta tida susah lagi bantu mama ambil air kasi mandi bapa"?? Selain melihat baiknya si bos air 'Aquda', miskinnya para penghuni kampung, dan busungnya perut si lapar, tentu 2 bola mata juga sempat melirik model rambut dari para bintang iklannya. Nah itu.

Sedikit intermezzo, tahukah anda bahwa iklan air Aquda ini mengambil peran penting dalam memberi kesan yang buruk pada daerah NTT? Berkat iklan tersebut, saya pernah ditanyai oleh seorang teman Jawa "Seberapa jauh kalian harus jalan untuk seember air?" Segitu susahnya kah kami di matamu? Kamu harus tahu bahwa di sepanjang jalan NTT terdapat air terjun, kamu juga bisa lihat bagaimana bingungnya si air mencari jalan untuk mengalir, bahkan hujan pun malu turun karena saking banyaknya air.

Lanjutan dari paragraf dua diatas, ide nama ini muncul ketika secara sengaja bulu di kepala ini dibiarkan tumbuh bebas, lepas, mekar, dan berimprovisasi yang seakan-akan sedang menunggu waktunya untuk dibakar dan direboisasi.

Di belakang itu (bosan dengan istilah 'di samping itu'), jerami identik dengan sawah. Sawah identik dengan padi. Padi identik dengan beras. Beras identik dengan makan. Makan identik dengan lapar. Lapar identik dengan miskin. Miskin identik dengan NTT. NTT identik dengan air mineral Aquda. Lagi-lagi air Aquda.

Intinya bahwa jerami walaupun merupakan hasil sampingan dari pertanian (kebanyakan orang NTT bermata pencaharian sebagai petani), tetapi tetap memiliki manfaat seperti menjadi pakan ternak, lantai kandang, bahan bangunan, bahan bakar (untuk bakar si bos air Aquda), dan lain-lain. Sama halnya nama blog ini. Walaupun hanya sebagai bacaan di waktu-waktu senggang seperti sebelum tidur, pas lagi makan, pas tidak punya uang untuk makan, sambil boker, ataupun sambil menunggu pacar yang tak kunjung datang sejak zigot, semoga bisa menghibur dan bermanfaat.

"A name doesn't make you,
You make the name" - Jerami Kering




Komentar

Postingan Populer